Rusia Ajukan Syarat untuk Buka Blokade Laut Bagi Kapal Pangan Ukraina, Begini Respons Uni Eropa

Internasional | 2022-05-27

© Disediakan oleh Jalurinfo.com Seorang pria menggendong anaknya sebagai keluarga, yang melarikan diri dari Ukraina karena invasi Rusia, menunggu untuk memasuki kamp pengungsi di ibu kota Moldova, Chisinau pada 3 Maret 2022.
Choose Language!

Klik tautan ini untuk kembali ke hal 1

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen menuding Rusia sengaja menggunakan pasokan pangan sebagai senjata untuk melepaskan diri dari sanksi perang serta melakukan pemerasan secara global.

Akibat dari blokade koridor kapal Ukraina, lebih dari 20 juta ton biji-bijian saat ini tengah terjebak di lumbung penyimpanan dan terancam tidak bisa diekspor.

Hal inilah yang memicu munculnya krisis pangan di pasar global, akibat berkurangnya pasokan makanan serta meroketnya harga pangan dunia.

Padahal, Ukraina merupakan salah satu negara pengekspor pangan terbesar di pasar global, bahkan hampir sepertiga atau sekitar 19,39 juta ton gandum global, didapatkan dari ekspor Ukraina.

Setelah Rusia melakukan invasi dan penutupan akses impor kini jutaan orang di kawasan Afrika, Timur Tengah, dan Eropa tak dapat lagi memperoleh pasokan pangan dari Ukraina. (Penulis: Namira Yunia Lestanti)

BERITA VIDEO POPULER

BERITA TERKINI:

Andi Utta Buka Sepak Bola Bupati Cup Rilau Ale

Andi Utta Buka Sepak Bola Bupati Cup Rilau Ale

Viewnum 2069
4 hari yang lalu

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020