Menghayati Mekanisme Kerja Otak, Oleh PROF KH NASARUDDIN UMAR

Opini | 2022-04-25

© Disediakan oleh Jalurinfo.com PROF KH NASARUDDIN UMAR, Imam Besar Masjid Istiqlal
Choose Language!

Klik tautan ini untuk kembali ke hal 1

Aktivitas otak juga dapat dibedakan antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran sadar seperti apa yang sehari-hari umum kita tampilkan, tetapi alam bawah sadar sewaktu-waktu bisa muncul baik dikondisikan maupun dipicu oleh keadaan tertentu.

Wilayah pikiran sadar hanya sekitar 12 persen dan selebihnya (88 persen) adalah wilayah pikiran bawah sadar. Di antara kedua wilayah ini, ada garis pemisah yang disebut Reticular Activating System (RAT), yang berfungsi menyaring informasi tidak perlu atau berlebihan supaya kita tetap bisa waras. Di wilayah bawah sadar tersimpan semua ingatan dan kebiasaan, kepribadian dan citra diri.

Di dalam sistem otak kita ada suatu bagian yang disebut limbik (otak kecil), terletak di bawah tulang tengkorak di atas tulang belakang. Otak kecil ini memiliki tiga fungsi, yaitu mengontrol emosi, mengontrol seksualitas, dan mengontrol pusat-pusat kenikmatan. Setiap orang bisa memenej fungsi dan kecenderungan otak kecil ini.

Otak kecil ini memiliki tiga fungsi, yaitu mengontrol emosi, mengontrol seksualitas, dan mengontrol pusat-pusat kenikmatan. Setiap orang bisa memenej fungsi dan kecenderungan otak kecil ini. Keajaiban pemberian Tuhan berupa otak ini sudah lebih dari cukup untuk menyadarkan kita bahwa secanggih apapun produk manusia belum bisa dibandingkan dengan makhluk kecil Tuhan bernama otak ini. Semakin dalam kita mengintrospeksi dan menghayati kebesaran Allah SWT di dalam diri kita maka semakin sadar kita bahwa manusia tidak ada apa-apanya.

Allah SWT Maha Agung dan Maha Kreatif. Tidaklah sepantasnya manusia angkuh jika ia ingin membuka mata melihat rahasia dan keagungan ciptaan Tuhan.

Tentu saja akal sedemikian hebat memerlukan perawatan dan pemeliharaan. Tidak ada artinya akal yang hebat itu jika disia-siakan. Wajib hukumnya memelihara akal. Memelihara akal bagian dari lima kebutuhan vital (dharuriyyat al-khamsah) manusia, yaitu memelihara agama, memelihara jiwa, memelihara akal, memelihara keturunan, dan memelihara properti.

Khusus untuk pemeliharaan akal, Allah SWT mengharamkan manusia untuk mengonsumsi minuman keras, hal-hal yang memabukkan, atau yang membuat otak ini teler dan rusak seperti mencandu narkoba, mencandu pornografi, dan berkepanjangan menghayal.

Otak harus selalu digunakan untuk mencegah kepikunan, stroke, dan menjadi pelupa. Karena itu dalam hadis kita diserukan untuk belajar dari ayunan sampai liang lahat.



BERITA VIDEO POPULER

BERITA TERKINI:

Ketuk Palu, Makassar Tuan Rumah APEKSI 2023

Ketuk Palu, Makassar Tuan Rumah APEKSI 2023

Viewnum 1738
1 hari yang lalu

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020