Manuver Akhir Pengusung Wacana Penundaan Pemilu

Nasional | 2022-03-22

© Disediakan oleh Jalurinfo.com
Choose Language!

Klik tautan ini untuk kembali ke hal 1

“Pemerintah dan DPR mengatakan hal yang sama, pemilu tetap 2024. Rakyat juga sama, terpotret dari lembaga-lembaga survei kredibel,” kata Ujang saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin 21 Maret 2022.

Meski demikian, Ujang menilai ada celah yang patut diwaspadai. Dia khawatir para penggagas penundaan pemilu mengubah skenario.

Ujang menyebut bisa saja mereka kembali memainkan skenario presiden 3 periode dengan mengamandemen UUD 1945. Opsi itu berpotensi dipilih karena terkesan demokratis sehingga akan menekan penolakan publik.

“‘Pemilu tetap 2024, tetapi saya (Jokowi) pesertanya. Kalau rakyat mendukung saya, silakan.’ Jadi, dia akan mengklaim demokrasi. Dia juga bisa katakan, ‘Yang amandemen kan bukan saya, itu kan MPR.’,” ucap Ujang.

Feri menyampaikan PDIP punya peran penting dalam menjegal manuver terakhir penundaan pemilu. Dengan kekuatan besar di parlemen, partai ini dinilai bisa mengubah arah kebijakan partai-partai lain.

Dia menilai PDIP telah mengendus penyelundupan penundaan pemilu lewat amandemen UUD 1945. Oleh karena itu, PDIP meminta amandemen konstitusi tidak dilakukan dalam waktu dekat.

Meski demikian, Feri berkata sikap PDIP itu tidak cukup. Menurut Feri, PDIP harus lebih tegas lagi dalam membendung berahi politik para pengusul penundaan pemilu.

“Ketegasan PDIP penting. Kalau perlu, menarik dukungan dari Jokowi jika memang ada upaya-upaya inkonstitusional yang sedang dilakukan,” ucap Feri.

Ujang juga berpendapat serupa. Dia mengatakan sikap akhir PDIP bakal menjadi penentu nasib penundaan pemilu.

Dia juga menduga para pengusul penundaan pemilu akan menggoyang PDIP dari berbagai sisi. Bahkan, mereka bakal memberikan tawaran-tawaran menggiurkan agar PDIP mendukung rencana itu.

“Kalau PDIP menolak keras penundaan, perpanjangan, maupun skenario 3 periode, maka sulit. Kalau PDIP digoyang, misalkan Jokowi menawarkan Mbak Puan cawapres, itu kan bisa menggoyang PDIP juga,” ungkap Ujang (syakh/cnn)



BERITA VIDEO POPULER

BERITA TERKINI:

Andi Utta Buka Sepak Bola Bupati Cup Rilau Ale

Andi Utta Buka Sepak Bola Bupati Cup Rilau Ale

Viewnum 2069
4 hari yang lalu

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020