Sketsa-sketsa
MENUNGGU TEROBOSAN “SULSEL”
Catatan : Syamsu Nur

Opini | 2022-08-03

© Disediakan oleh Jalurinfo.com Penulis sketsa-sketsa, H. Syamsu Nur
Choose Language!
JALURINFO.COM, JAKARTA- Sejumlah proyek di Sulsel terancam mangkrak, atau terbengkalai. Begitu Harian Fajar memberitakan, 30/6. Penggunaan anggaran Pembangunan sangat lambat realisasinya. Kita ambil contoh saja, Proyek Kereta Api Makassar- Pare yang tahun ini dianggarkan Rp 283 M untuk penyelesaian jalur 60 Km. Ternyata realisasi nya, baru sampai Rp 81 Milyar.

Masih ada beberapa proyek yang mengalami nasib yang sama. Ada proyek pembangunan bendungan, proyek jalanan, proyek pembangunan jembatan dan lain sebagainya. Rata- rata anggaran realisasinya hanya berkisar 40 persen dari anggaran yang disiapkan.

Apa yang diberitakan Harian Fajar itu, wajar kalau timbul banyak pertanyaan. Inilah juga yang dikeluhkan Bapak Presiden Jokowi, tentang adanya daerah yang terlambat merealisasikan anggaran pembangunan. Daerah yang terlambat membelanjakan anggaran pembangunannya- pada dasarnya bisa merugikan daerah itu sendiri. Anggaran yang tidak dibelanjakan bisa saja dianggap memperlambat pertumbuhan ekonomi daerah.

Ada beberapa alasan yang biasa kita dengar terlambatnya proses pembangunan di daerah. Pertama, soal sulitnya kesepakatan tentang pembebasan lahan. Kedua, kehati-hatian dalam pelaksanaan proses tender dan menjaga kemungkinan munculnya dugaan korupsi.

BERITA VIDEO POPULER

BERITA TERKINI:

Tuan Caddy dan 17 Agustus.

Tuan Caddy dan 17 Agustus.

Viewnum 876
14 jam yang lalu
Unifa Cycling Club Sukses Gelar Fun Bike 2022

Unifa Cycling Club Sukses Gelar Fun Bike 2022

Viewnum 4682
2 hari yang lalu
30 Nominasi Ballon d'Or 2022, Messi Tidak Masuk

30 Nominasi Ballon d'Or 2022, Messi Tidak Masuk

Viewnum 4888
5 hari yang lalu

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020