Sketsa-sketsa

41 Tahun Harian Fajar KETIKA PENDIRI TIDAK “TURUN GUNUNG” LAGI
Catatan : Syamsu Nur

Opini | 2022-10-01

© Disediakan oleh Jalurinfo.com Penulis sketsa-sketsa, H. Syamsu Nur
Choose Language!
JALURINFO.COM, MAKASSAR- Tgl. 1 Oktober 2022, genap Harian Fajar berusia 41 tahun. Acara di Graha Pena lantai 4, dengan zikir dan doa. Dihadiri para karyawan. Acara sederhana namun dengan suguhan makan malam, kari kambing, membuat suasana menjadi akrab.

Inilah suasana Ulang tahun saat covid19 telah membuat perubahan. Tidak ada lagi artis menyanyi, tidak hadir juga para pejabat. Acara intern yang penuh hikmad dan suasana kebersamaan.

ULANG TAHUN DENGAN PARA JENDERAL
Pernah Harian Fajar berulang tahun di Hotel Sahid Makassar. Acara meriah dengan artis ibu kota. Hadir 8 jenderal Angkatan Darat, laut dan udara. Waktu itu Gubernurnya juga Jenderal. Yaitu Brigadir Jenderal Andi Oddang. Itulah kenangan yang paling berkesan. Karena saat itu Harian Fajar termasuk koran terbesar di luar Jawa. Oplahnya mencapai 36.000 eksemplar yang terbit non stop dengan tebal 24 sampai 32 halaman. Saingannya di luar Pulau Jawa pada saat itu adalah Harian Waspada Medan.

Di Jawa Barat, Fajar bersaing dengan Harian Pikiran Rakyat Bandung. Khusus untuk koran terbesar di Jawa Barat itu saya P mendapat peringatan dari Dahlan Iskan, Bos Jawa Pos Group. “Ancu, jangan kalahkan Pikiran Rakyat”, begitu Dahlan Iskan dengan serius mengucapkan kepada saya. Memang Dahlan Iskan punya rasa hormat yang tinggi dengan para pemimpin Pikiran Rakyat, karena mereka adalah juga Pengurus teras di organisasi Pers, baik PWI maupun SPS. Karena misi Bisnis Fajar sudah merasa cukup maka kegiatan Fajar ikut terlibat dari kegiatan sosial. Aktif memberi bantuan dalam bencana Alam. Termasuk bencana zunami di Aceh dengan membangun sekolah dan Masjid. Begitu juga bencana Alam di Papua, dan daerah lainnya. Karena itu dibentuk Yayasan Kemanusian Fajar yang setiap saat ikut terlibat dalam kegiatan bantuan kemanusiaan.

BERITA VIDEO POPULER

BERITA TERKINI:

Kapolri Keluarkan Perintah Tangkap Ismail Bolong

Kapolri Keluarkan Perintah Tangkap Ismail Bolong

Viewnum 3249
7 hari yang lalu

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020