Sekda Lutim Lantik dan Ambil Sumpah Dua Pejabat Eselon II
Puncak peringatan hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pinrang ke-64 berlangsung meriah.

LP 855 Bisa Gulung Mafia Surat Tanah di Parang Tambung? Netisen: Tambah Pasal

Hukum & Kriminal | 2023-01-04

© Disediakan oleh Jalurinfo.com
Choose Language!
JALURINFO.COM, MAKASSAR- Kasus tanah yang berada di samping dan belakang kantor kelurahan Parang Tambung Kec Tamalate Makassar Sulawesi Selatan(Sulsel) hingga saat ini terus jadi persoalan.

Ahli waris mendiang Muhiddin bin Mamumang, yakni Hasan Saleh Daeng Mangka, merasa heran melihat kondisi saat ini. Sebab lokasi kantor kelurahan Parang Tambung adalah pemberian(hibah) dari dirinya. Sementara sisa tanah tersebut ada pihak lain yang mengklaim bahkan menguasai hingga saat ini

Baca juga: Jual Nama Kajari Enrekang Dan Kasi Pidum langsung Dibantah Dan Kini Pencatut Terlacak Aparat

Baca juga: Dugaan Korupsi Di PT.Surveyor Indonesia Cab.Makassar, 5 Tersangka Dijaring Kejati Sulsel

Olehnya itu, saya mewakili ahli waris telah melapor ke Polda Sulsel pada pertengahan bulan Agustus 2022 lalu. Laporan Polisi dengan nomor LP/B/ 855/VIII/2022/SPKT/Polda Sulsel Tanggal 18 Agustus 2022.
Hal itu disampaikan Hasan Saleh Mangka melalui telpon WhatsApp ke redaksi Jalurinfo.com, Rabu(21/12/2022)

Baca juga: Perkara Pidana ITE Ditolak MA, Terpidana ES Divonis 2 Tahun Bayar Denda 50 Juta

Baca juga: Kajari Sulsel Leonard E Ezer Simanjuntak Ikuti Ekspose 2 Perkara Pengajuan Restoratif Justice

Dia, mengaku telah menerima Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penelitian laporan (A1) Nomor B/1973/IX/Res.1.9/2022/Krimum 15 September 2022

Menurut Daeng Mangka sapaan karib Hasan Saleh, mengatakan, "Dalam SP2HPL(Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penelitian laporan) A1 Tertulis rujukan A, Laporan Polisi Nomor LP/B/ 855/VIII/2022/SPKT/Polda Sulsel Tanggal 18 Agustus 2022. Tentang dugaan tindak Pidana pemalsuan surat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 264 KUHPidana dan, atau Pasal 263 KUHPidana."

Baca juga: Warga Baroko Diciduk Satnarkoba Polres Enrekang Kasus Shabu

Baca juga: Asisten I Dan 2 ASN Dinkes Enrekang Tersangka Diduga Korupsi Upah Para Medis


Rujukan, B. Surat perintah penyidikan, nomor SP Lidik/1959/IX/Res.1.9/2022/Krimum 15 September 2022, ucap Daeng Mangka

Riwayat Tanah

Syahdan, Daeng Mangka menegaskan, Sesuai riwayat tanah, Surat Rincik dalam Persil 35 D III Kohir 374 C1 Lompo Gusung Beru, luas 0,49Ha, atas nama Muhiddin bin Mamumang, berasal atau turunan dari surat rincik dalam Persil 35 DIII, Kohir 131 C1 Lompo Gusung Beru. Luas 1,30 Ha atas nama Mamumang Mamang. Pemberian ke Muhiddin bin Mamumang itu, terjadi pada tanggal 27 Oktober 1950. Dan terdaftar dalam buku C dan F, Kecamatan Tamalate Makassar.

"Hal ini, sesuai dengan Gambar peta blok yang ada di buku tanah (C dan F) milik Kecamatan Tamalate," tegas Daeng Mangka.

Selain itu kata Daeng Mangka, Ketika kelurahan Maccini Sombala masih jadi kelurahan induk, dan Lurahnya kala itu, Idris Mappaseile BA, pada tanggal 29 Maret 1995, membuat surat pernyataan. Adapun pemberian Sangkala bin Bahasang kepada Kepala Kelurahan Parang Tambung kami nyatakan batal/tidak sah. Karena lokasi tersebut bukan haknya.

"Sebelum surat pernyataan oleh lurah Maccini Sombala Idris Mappaseile yang menyatakan pemberian Sangkala bin Bahasang batal/tidak sah, terlebih dahulu Idris Mappaseile mendengar/melihat langsung keterangan dan surat pernyataan Lumu bin Kukang dan Jaking bin Tambung," beber Daeng Mangka

Lanjut Daeng Mangka yang lama merantau di Tanah Papua itu mengatakan "Surat pernyataan/kesaksian Lumu binti Kukang itu diketahui Lurah Maccini Sombala Idris Mappaseile BA. Nomor : 143/593/KMS/95. Seterusnya Idris Mappaseile membubuhkan tandatangan dan stempel basah.

Kemudian, Surat pernyataan/kesaksian Jaking bin Tambung, juga diketahui Lurah Maccini Sombala Idris Mappaseile BA Nomor :144/593/KMS/95 Kesaksian Jaking bin Tambung bahwa membeli dari lelaki Mamumang, seluas18 are yang terletak di sebelah barat. Surat kesaksian tersebut ditanda tangani Idris Mappaseile BA dan stempel basah Pada saat itu juga Rabu 29 Maret 1995, urai Daeng Mangka. Selanjutnya, saya mewakili para ahli waris Muhiddin bin Mamumang, memberi hibah ke Kota Madya Ujung Pandang kini Kota Makassar pada tahun 1995 melalui Lurah Maccini Sombala waktu itu lurahnya Idris Mappaseile BA. Nomor 32/593/MKS/1995. Tanggal 29 Maret 1995. Saat ini tanah dan bangunan kantor kelurahan Parang Tambung telah tercatat sebagai aset Pemkot Makassar, ungkap Daeng Mangka

Lanjut Daeng Mangka mengatakan, 'Adapun dalam buku aset Pemkot Makassar tercatat sebagai berikut, Sertipikat Arsip 2019, Hak Pakai(HP) Nomor 20001 - Surat Ukur(SU) ,42/2001/ Kelurahan Parang Tambung."

Lucu

Namun anehnya, belakangan ada Surat rincik dalam Persil nomor 30 II Kohir nomor 1425 C1 atas nama Sangkala bin Bahasang diduga digunakan lelaki Rahman Nombong untuk menguasai dan menjual, Walaupun ada AJB(Akta jual beli) yang saya batalkan, tutur Daeng Mangka.

Lebih lanjut Daeng Mangka mengatakatan Ada juga AJB nomor 184/KT/1990 atas nama Drs Ali Sadikin pada hari Rabu 11 April 1990. Yang menjual Sangkala bin Bahasang dengan menggunakan surat Rincik dengan persil DII Kohir 1425 C1 Konon kabarnya Kohir 1425 C1 Persil 30 DII, itu berasal atau turunan dari Surat Rincik dalam Persil 30 DII dan Kohir 42 C1 Lompo Gusung Towa. Lucunya Persil 30 DII, Kohir 1425 C1 diduga digunakan untuk menguasai Persil 35 DIII, Kohir 374 C1 Lompo Gusung Beru,

"Apa yang saya katakan ini sesuai tiga surat keterangan yang dikeluarkan pihak kecamatan Tamalate. Pertama, Camat Tamalate, Sofyan Djalil SE, Nomor 387/KT/VII/2015, tertanggal 08 Juli 2015, menjelaskan bahwa Persil 30 DII, Kohir 1425 C1 atas nama Sangkala bin Bahasang tidak ditemukan di buku tanah yang ada di kantor Kecamatan Tamalate. Karena nomor kohir tersebut tinggi sedangkan nomor kohir yang di buku hanya sampai kohir 1375 C1," tegas Mangka..

Kedua, Surat tersebut di atas, dilegelisir pada tahun 2018 oleh Camat Tamalate Fahyuddin AP. MH Teregistrasi 55/KT/X/2018. Disahkan sesuai asli. Pengesahan itu atas perintah kantor pelayanan PBB, kepada saya saat mengurus PBB. Alasan pihak Kantor Pelayanan PBB bahwa saat itu Sofyan Djalil sudah pensiun

Ketiga Surat keterangan yang diterbitkan oleh Camat Drs. Hasan Sulaiman dengan Nomor 100/358/KT/IX/2019 tertanggal 24 September 2019 menyebut Kohir 374 C1, Persil 35 DIII a.n Muhiddin bin Ma'mumang terdaftar di buku F dan C," imbuhnya.

Ketika ditanya mengapa pihak Sangkala bin Bahasang tidak menuntut Daeng Mangka dan Pemkot Makassar dalam hal ini pihak Kelurahan Parang Tambung atas perbuatan hukum hibah yang dilakukan pada tahun 1995 lalu itu?

Dengan nada tertawa lelaki yang sudah memilki 16 cucu dari lima putra-putri, bahkan sudah punya dua cici itu, dari balik telpon menegaskan, "Jelas sejak tahun 1995, lawan saya, tidak berani, karena tanah Muhiddin bin Mamumang berada di Lompo Gusung Beru sementara lawan saya tanahnya berada di Lompo Gusung Towa. Selain itu riwayat tanah kakek mendiang Muhiddin bin Mamung terurai dengan jelas dan di dukung data fisik maupun data yuridis."

Penyidik Sedikit Cerdas

Sejak kasus tanah sekitar kantor kelurahan Parang Tambung Kec.Tamalate Makassar Sulsel mencuat ruang publik warganet atau Netisen di berbagai platform media sosial memberi respon beragam.

Ada seorang Netisen yang mengaku pensiunan pegawai BPN medsos WhatsApp, berharap agar penyidik polisi mengusut tuntas kasus ini sehingga semua mafia surat pada kasus ini ditangkap dan mendapat hukuman berat sehingga ada efek jera.

Sementara itu ada pandangan lain, juga dari Netisen melalui medsos WhatsApp berharap penyidik yang tangani LP 855 melakukan penyelidikan yang mendalam agar menemukan mafia surat tanah ini. Karena masalahnya sangat terang benderang

Bila penyidik belum bisa menjerat para pelaku dengan pasal-pasal yang disangkakan yakni pasal 264 KUHPidana dan atau pasal 263 KUHPidana maka penyidik bisa lakukan penambahan pasal 385 KUHPidana

Menurut Netisen ini, pasal 385 ini disebut dengan kejahatan Stellionnaat, yang mana merupakan aksi penggelapan hak atas harta yang tak bergerak milik orang lain, seperti tanah, sawah, kebun dan gedung serta yang lainnyam

Dalam rangka penambahan pasal diharapkan penyidik sedikit cerdas yakni lakukan gelar perkara, kemudian membuat berita acara penambahan pasal, ujarnya (M said Welikin/Irfan).


« 1 2 3 4 »
Aplaus ! Sambutan Resmi Pj. Bupati Enrekang Di Depan Pj.Gubernur  Sulsel Saat HUT Enrekang Ke 64
Aplaus ! Sambutan Resmi Pj. Bupati Enrekang Di Depan Pj.Gubernur Sulsel Saat HUT Enrekang Ke 64
Pemkab Lutim Bersama Forum Komunikasi Lalu Lintas Gelar Rapat Koordinasi
Pemkab Lutim Bersama Forum Komunikasi Lalu Lintas Gelar Rapat Koordinasi
Bupati Pinrang Irwan Hamid membuka langsung kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 tahun 2024
Bupati Pinrang Irwan Hamid membuka langsung kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 tahun 2024
Momentum Peringatan HPSN 2024, Pemkab Lutim Kampanye 3R Dirangkaikan Penyerahan Penghargaan Adiwiyata dan Proklim
Momentum Peringatan HPSN 2024, Pemkab Lutim Kampanye 3R Dirangkaikan Penyerahan Penghargaan Adiwiyata dan Proklim

Pj.Gubernur Sulsel Resmikan Jembatan Malino-Pariwang (Maiwa)
Pj.Gubernur Sulsel Resmikan Jembatan Malino-Pariwang (Maiwa)

Jaring Calon Peserta Seleksi Paskibra, Kesbangpol Gelar Praseleksi
Jaring Calon Peserta Seleksi Paskibra, Kesbangpol Gelar Praseleksi

Bupati Budiman Hadiri Wawancara Kandidat Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
Bupati Budiman Hadiri Wawancara Kandidat Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Asisten Pemerintahan Lutim : Pencegahan Sejak Dini Bahaya Narkoba Sangat Penting
Asisten Pemerintahan Lutim : Pencegahan Sejak Dini Bahaya Narkoba Sangat Penting

Jual Nama Kajari Enrekang Dan Kasi Pidum langsung Dibantah Dan Kini Pencatut Terlacak Aparat
Jual Nama Kajari Enrekang Dan Kasi Pidum langsung Dibantah Dan Kini Pencatut Terlacak Aparat

Sekda Lutim Ajak ASN dan Masyarakat Tertib Bayar Pajak Setiap Tahun
Sekda Lutim Ajak ASN dan Masyarakat Tertib Bayar Pajak Setiap Tahun

Sekda Lutim Lantik dan Ambil Sumpah Dua Pejabat Eselon II
Sekda Lutim Lantik dan Ambil Sumpah Dua Pejabat Eselon II

Puncak peringatan hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pinrang ke-64 berlangsung meriah.
Puncak peringatan hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pinrang ke-64 berlangsung meriah.

PJ.Sekda Andi Sapada: Kesiapan Pemda Enrekang Dan Masyarakat Sambut HUT Enrekang Ke 64
PJ.Sekda Andi Sapada: Kesiapan Pemda Enrekang Dan Masyarakat Sambut HUT Enrekang Ke 64

KORAN EPAPER JALURINFO SULSEL EDISI NOVEMBER 2022
Petualangan Luar Biasa di Keajaiban Alam Tertinggi: Angel Falls, Venezuela
Petualangan Luar Biasa di Keajaiban Alam Tertinggi: Angel Falls, Venezuela

Pesona Sejarah dan Keindahan Alam: Liburan Santai di Sirmione, Resor Terkenal di Danau Garda
Pesona Sejarah dan Keindahan Alam: Liburan Santai di Sirmione, Resor Terkenal di Danau Garda

Masjid Al Sahaba: Perpaduan Keindahan Modern di Pusat Sejarah Sharm el-Sheikh
Masjid Al Sahaba: Perpaduan Keindahan Modern di Pusat Sejarah Sharm el-Sheikh

Three Gorges, Keajaiban Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar di Dunia
Three Gorges, Keajaiban Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar di Dunia

Keunikan Beruang Kutub di Arktik, Pesona di Atas Es Tipis
Keunikan Beruang Kutub di Arktik, Pesona di Atas Es Tipis

Keajaiban Alam yang Memikat di Gua Kristal, Bermuda
Keajaiban Alam yang Memikat di Gua Kristal, Bermuda

Keindahan Abadi Hagia Sophia, Sebuah Permata di Istanbul, Turki
Keindahan Abadi Hagia Sophia, Sebuah Permata di Istanbul, Turki

Menakjubkan dan Megahnya Wat Arun di Bangkok, Thailand
Menakjubkan dan Megahnya Wat Arun di Bangkok, Thailand

Dragon's Breath Flight Line di pulau pribadi Royal Caribbean di Haiti
Dragon's Breath Flight Line di pulau pribadi Royal Caribbean di Haiti

Shiraz, Masjid Nasir al-Mulk
Shiraz, Masjid Nasir al-Mulk

Jangan Lewatkan:

Sekda Lutim Lantik dan Ambil Sumpah Dua Pejabat Eselon II

Sekda Lutim Lantik dan Ambil Sumpah Dua Pejabat Eselon II


Puncak peringatan hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pinrang ke-64 berlangsung meriah.

Puncak peringatan hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pinrang ke-64 berlangsung meriah ...

PJ.Sekda Andi Sapada: Kesiapan Pemda Enrekang Dan Masyarakat Sambut HUT Enrekang Ke 64

Panitia memastikan acara HUT Enrekang disiapkan matang...

PJ Gubernur Sulsel Akan Tanam Sukun Untuk Ketahanan Pangan Di Enrekang

Menyambut hari ulang tahun Enrekang ke 64 ...


Jangan Lewatkan:

  • Video Terkini
  • Web Design
  • Photography
  • 1GB Storage
  • Mail Support
  • $ 10

    per month
  • Jalurinfo TV
  • Web Design
  • Photography
  • 50GB Storage
  • Endless Support
  • $ 25

    per month
  • Terpopuler
  • Web Design
  • Photography
  • Unlimited Storage
  • Endless Support
  • $ 25

    per month

Contact Me

email@email.com

Chicago, US

512312311


Copy right by JALURINFO.COM

open=topnews1&id=lp-855-bisa-gulung-mafia-surat-tanah-di-parang-tambung-netisen-tambah-pasal

JELAJAHI LEBIH LANJUT

BERANDA

NASIONAL

GLOBAL

SUL-SEL

POLITIK

HUKUM

OLAHRAGA

LIFESTYLE

TEKNO

PROPERTI

OPINI

EKONOMI

SELEBRITI

VIDEO POPULER

TOKOH

TREN

SOSIAL

KRIMINAL

TRAVEL

SAINS

UNIK

OTOMOTIF

HIBURAN

HEALTH

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

REDAKSI

PEDOMAN MEDIA SIBER

ABOUT US



PRIVACY POLICY

DISCLAIMER

Copyright 2020