Sketsa-sketsa
PELAJARAN APA DI BALIK “ANTRIAN MINYAK GORENG”?
Catatan : Syamsu Nur

Opini | 2022-03-17

© Disediakan oleh Jalurinfo.com
Choose Language!

Klik tautan ini untuk kembali ke hal 1

Di sini petani kelapa sawit “naik daun.”Padahal pernah petani kelapa sawit mengeluh dengan harganya yang rendah. Kini para petani lebih senang menjual ke kebutuhan eksport, karena harga yang lebih tinggi. Indonesia sebenarnya diuntungkan dengan kondisi ini, karena Indonesia masuk penghasil Kelapa sawit yang terbesar di dunia. Maka kalau Indonesia kekurangan minyak goreng menjadi tanda tanya bahkan menjadi bahan guncingan di mana-mana. Ibarat pepatah” ayam kelaparan di lumbung padi.”

Menurut catatan ada kl 400 an pabrik minyak goreng di Indonesia. Tapi banyak yang tidak berkembang bahkan sebagian tutup karena tidak mampu bersaing dengan pabrik besar yang dimiliki para konglomerat. Ada 5 pabrik besar minyak goreng yang menguasai pasar di Indonesia. Mereka memiliki berbagai merek minyak goreng. Tapi Pemiliknya sama. Ada beberapa persyaratan yang membuat pabrik kecil tidak mampu bersaing. Yaitu bahwa untuk mendapat izin pabrik harus memiliki kebun kelapa sawit minimal 20 % dari produksinya. Ini ketentuan yang berlaku sekarang.

Di antara 5 besar itu, tercatat yang terbesar adalah Perusahaan Wilmar International Ltd yang tercatat di pasar saham Singapura, pemiliknya bernama Martua Sitorus. Dia bahkan disebut raja minyak goreng. Perusahaan ini memiliki 10.000 Ha kebun kelapa sawit di Sumatera Utara. Tapi sebuah majalah mencatat perusahaan Wilmar ini sudah memiliki ratusan ribu Ha kebun sawit di Sumatera dan Kalimantan. Wilmar memiliki Pabrik minyak merek Fortune dan Sania. Kekayaan Martua Sitorus mencapai 28,7 Trilyun rupiah atau sekitar 1,9 Milyar dolar US.

BERITA VIDEO POPULER

BERITA TERKINI:

30 Nominasi Ballon d'Or 2022, Messi Tidak Masuk

30 Nominasi Ballon d'Or 2022, Messi Tidak Masuk

Viewnum 1684
18 jam yang lalu
Ketuk Palu, Makassar Tuan Rumah APEKSI 2023

Ketuk Palu, Makassar Tuan Rumah APEKSI 2023

Viewnum 3415
3 hari yang lalu

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020