Ukraina Terkini: Severodonetsk Dikuasai Rusia

Internasional | 2022-06-26

© Disediakan oleh Jalurinfo.com Asap hitam dan debu membubung dari kota terdekat Severodonetsk selama pertempuran antara pasukan Rusia dan Ukraina di wilayah Donbass, Ukraina timur, pada 9 Juni 2022. Severodonetsk dikuasai Rusia, menurut pengumuman wali kotanya pada Sabtu (25/6/2022).(AFP PHOTO/ARIS MESSINIS)
Choose Language!
JALURINFO.COM, JAKARTA- Severodonetsk dikuasai Rusia, kata wali kotanya pada Sabtu (25/6/2022) dalam lanjutan perang Ukraina terkini. Perang Rusia Ukraina selama berminggu-minggu terakhir memperebutkan kota utama di Ukraina timur tersebut.

"Kota ini sepenuhnya diduduki oleh Rusia," kata Wali Kota Oleksandr Striuk dikutip dari AFP. Baca juga: Pasukan Ukraina Diperintahkan Mundur dari Severodonetsk, Kalah dari Rusia? Pada hari yang sama, juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengumumkan "pembebasan total" Severodonetsk serta desa-desa terdekat di Borivske, Voronove, dan Syrotyne.

"Semua wilayah di tepi kiri sungai Donets dalam batas wilayah Luhansk berada di bawah kendali" pasukan Rusia dan pro-Rusia, katanya. Tentara Ukraina pada Jumat (24/6/2022) mengatakan, akan menarik pasukannya dari Severodonetsk, kota berpenduduk sekitar 100.000 jiwa, sebelum berperang untuk mempertahankan kota Lysychansk di sebelahnya.

Severodonetsk dan Lysychansk sama-sama terletak di wilayah Luhansk. Striuk melanjutkan, warga sipil mulai mengevakuasi dari pabrik kimia Azot, tempat beberapa ratus orang bersembunyi dari serangan Rusia.

BERITA VIDEO POPULER

BERITA TERKINI:

Andi Utta Buka Sepak Bola Bupati Cup Rilau Ale

Andi Utta Buka Sepak Bola Bupati Cup Rilau Ale

Viewnum 2011
4 hari yang lalu

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020