Sketsa-sketsa

RAMADHAN dan THR
Catatan: Syamsu Nur

Opini | 2022-04-10

© Disediakan oleh Jalurinfo.com Penulis Sketsa-sketsa, H. Syamsu Nur
JALURINFO.COM, Maros- Setiap Ramadhan, soal THR selalu menjadi pekerjaan rumit di Perusahaan. Apalagi di tahun ini di saat ekonomi belum sepenuhnya membaik. Bukan itu saja. THR singkatan dari Tunjangan Hari Raya, telah menjadi istilah umum. Bagi yang mengharap bantuan menjelang Hari raya Idul Fitri, misal seorang anak yang pingin beli baju baru, minta THR sama Bapaknya. Siapa saja saat menjelang hari Raya Fitri, pasti ada kata, mana THR untuk saya. Pokoknya istilah THR menjelang Idul Fitri, menjadi instilah yang “top populer”.

Tapi bagaimanapun THR menjadi kewajiban perusahaan untuk melaksanakannya. Apalagi karyawan swasta harapan menerima THR sudah menjadi kebutuhan utama merayakan hari raya Idulfitri. Bagi karyawan yang akan mudik apalagi, THR merupakan harapan satu-satu nya.

Baca juga: SKETSA-SKETSA

BILA RAMADHAN DATANG LAGI
Catatan: Syamsu Nur

Baca juga: Soal 1 Kursi 2 Pantat dan Pangkat Bawahan Lebih Tinggi di Takalar, Netizen Bilang Begini

Organisasi buruh ikut berjuang dan menghimbau pengusaha agar THR Karyawan dibayar tepat waktu. Yaitu paling tidak seminggu sebelum lebaran. Pemerintah melalui Menteri Tenaga Kerja juga menetapkan agar para pengusaha membayar THR bagi karyawannya.

Desakan dan permintaan berbagai pihak agar karyawan bisa menerima THR minimal sebulan gaji. Hal ini jauh hari diingatkan kepada pengusaha karena tahun sebelumnya dengan alasan situasi dan pandemi sehingga omset dan produksi mengalami penurunan. Maka THR pun dibayar bervariasi. Ada karyawan menceritakan pengalamannya. Perusahaan mencicil THR nya, tapi sampai tahun berikutnya belum juga lunas.

Baca juga: Kisah Jenaka di Pantai Akarena Makassar

Baca juga: Ceritera Lucu 1 Kursi 2 Pantat dan Kisah Aneh di Birokrasi Takalar

Makanya, membayar THR sebaiknya tidak dicicil. Pemanfaatannya tidak terasa karena waktu dibutuhkan sudah lewat. Maka tahun ini, tahun 2022, kondisi agak lebih baik, perusahaan juga mulai berjalan lancar, maka harapan banyak pihak THR bisa dinikmati karyawan seminggu sebelum lebaran. Memang tidak bisa dipahami dalam kita sekarang ini juga terjadi peningkatan harga kebutuhan sehari-hari yang memberatkan masyarakat. Sebuah perusahaan yang masih berjalan produksinya, memiliki asset dimana-mana, tidak sewajarnya menunda atau tidak memberikan THR. Kalau ini terjadi maka perusahaan bisa kena sangsi yang telah diatur ketentuannya.

Tapi yang penting adalah, semestinya terjadi saling memahami antara Pengusaha dan karyawan. Pengusaha hendaknya terbuka kepada karyawan apa yang dialami perusahaan. Begitu juga pengusaha memahami apa kebutuhan karyawan dalam menjelang hari lebaran ini. Jalan ke luar pasti ada yang bisa dilakukan sekiranya saling terbuka dan ada penyampaian secara jujur dan transparan. Mungkin banyak kiat yang bisa dilakukan, seandainya perusahaan kesulitan cash flow membayar THR secara penuh. Bisa saja dibayar dua kali. Tapi janganlah sampai dicicil setahun. Namun himbauan dari orgabisasi buruh dan pemerintah, minta agar THR dibayar penuh. Kalau ini direncanakan sejak awal, masa THR tidak selalu menjadi permasalahan.

Baca juga: Sepenggal Tulisan Petani Pulau Obi

Baca juga: Sketsa-Sketsa

ANTARA MEDIA CETAK DAN MEDIA ON LINE
Catatan : Syamsu Nur


Kita berharap lebaran kali ini semua pihak menikmatinya. Terjadi saling mendoakan dan saling memaafkan. Maka bisa saja segala kesulitan yang dihadapi perusahaan akan bisa dilewati dengan aman. THR itu betul jadi obat bagi karyawan dalam mengatasi persoalan hidupnya. Dampak saling pengertian itu. maka berkah ramadhan ini, ke depan perusahaan bisa lebih meningkat lagi. Selamat Hari Raya Idul Fitri, maaf lahir dan batin.xxx

TOPIK TERKAIT:

JALURINFO VIDEO NEWS

Begini Nasib Tentara Ukraina yang Tertangkap di Bakhmut

Begini Nasib Tentara Ukraina yang Tertangkap di Bakhmut

Bermaksud Lakukan Serangan Balik, Rombongan Pasukan Ukraina Dipreteli Artileri Pasukan Rusia

Bermaksud Lakukan Serangan Balik, Rombongan Pasukan Ukraina Dipreteli Artileri Pasukan Rusia

Jelajahi Keimdahan Alam Dunia di Sini

Jelajahi Keimdahan Alam Dunia di Sini

Pegunungan Altai Mongolia, Keindahan Alam yang Menawan di Mongolia

Pegunungan Altai Mongolia, Keindahan Alam yang Menawan di Mongolia

Menakjubkan dan Luar Biasa: Keindahan Istana Augustusburg di Brühl, Jerman

Menakjubkan dan Luar Biasa: Keindahan Istana Augustusburg di Brühl, Jerman

JALURINFO TV NETWORK

BERITA TERKINI:

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020