Sempat Ditutup, Situs Uji Coba Nuklir Korea Utara Kembali Dibuka

Internasional | 2022-03-08

© Disediakan oleh Jalurinfo.com Citra satelit yang menunjukkan situs uji coba nuklir Punggye-ri ini dirilis oleh Airbus Defense & Space dan 38 North pada 30 Maret 2018 (Airbus Defense and Space/38 North via AP)
Choose Language!
JALURINFO.COM, JAKARTA- Lembaga pemantau aktivitas nuklir James Martin Center for Nonproliferation Studies (CNS) mengatakan citra satelit komersial menunjukkan adanya pembangunan di fasilitas nuklir Korea Utara (Korut) untuk pertama kalinya sejak tempat itu ditutup pada 2018. Laporan ini menambah kekhawatiran Korut akan kembali menggelar uji coba senjata nuklir.

CNS yang bermarkas di California, Amerika Serikat (AS) melaporkan foto-foto yang diambil dari satelit Jumat (4/3) lalu menunjukkan tanda-tanda awal aktivitas di lokasi baru. Termasuk pembangunan gedung baru, perbaikan gedung lama dan apa yang terlihat seperti serbuk kayu dan gergaji.

"Konstruksi dan perbaikan mengindikasi Korut telah membuat sejumlah keputusan mengenai status lokasi uji coba," kata CNS dalam laporannya, Senin (7/3).

Penggye-ri ditutup sejak Korut mengumumkan moratorium uji coba senjata nuklir pada 2018 lalu. Tapi Pemimpin Kim Jong-un mengatakan ia merasa tidak lagi terikat dengan moratorium itu karena perundingan denuklirisasi mengalami kebuntuan.

BERITA VIDEO POPULER

BERITA TERKINI:

Tuan Caddy dan 17 Agustus.

Tuan Caddy dan 17 Agustus.

Viewnum 979
16 jam yang lalu
Unifa Cycling Club Sukses Gelar Fun Bike 2022

Unifa Cycling Club Sukses Gelar Fun Bike 2022

Viewnum 4709
2 hari yang lalu
30 Nominasi Ballon d'Or 2022, Messi Tidak Masuk

30 Nominasi Ballon d'Or 2022, Messi Tidak Masuk

Viewnum 4960
5 hari yang lalu

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020