Jalurinfo.com, media siber nasional terverifikasi Dewan Pers dengan No. Reg: 827/DP-Verifikasi/K/XI/2021

Sejarah Hari Ini, 14 Maret 1998: Kabinet Pembangunan VII yang Hanya Berumur Dua Bulan Diumumkan Presiden Soeharto.

Nasional | 2022-03-14

© Disediakan oleh Jalurinfo.com
Choose Language!
JALURINFO.COM, JAKARTA- Hari ini 24 tahun yang lalu, 14 Maret 1998, Presiden Soeharto mengumumkan susunan kabinet baru. Kabinet Pembangunan VII, namanya. Kabinet ini sengaja dibentuk Soeharto untuk mengakhiri dampak dari krisis ekonomi 1997-1998. Soeharto ingin supaya penderitaan rakyat segera berakhir. Hasilnya, sebaliknya. Golongan menengah ke atas –termasuk kroni Soeharto-- tak tampak memperlihatkan simpatinya kepada rakyat kecil. rakyat pun berang. Soeharto lengser karenanya.

Resesi ekonomi era 1997-1998 adalah periode terberat dalam sejarah bangsa. Rupiah yang jadi cerminan harga diri bangsa jatuh dalam level terendah. Satu dolar AS, yang awalnya bernilai Rp2.000 menjadi Rp15.000. Kondisi itu makin berat karena Indonesia masih bergantung pada sederet produk impor.

Beberapa barang impor, seperti pangan, buah-buahan, bahan bakar, mesin, sepeda, hingga komputer. Sederet produk itu mengalami kenaikan signifikan. Ambil contoh komputer, yang sebelum resesi berharga Rp1 juta naik sepuluh kali lipat.

Spekulasi soal penyebab resesi bermunculan. Tiap ahli bahkan mengungkap pandangan masing-masing. Garis besar ragam argumen itu menyimpulkan resesi tak terjadi mendadak. Resesi muncul dari pergeseran kekuasaan politik dan sosial yang terjadi di Indonesia sejak 1980-an. Persoalan itu memicu utang tinggi dan mengubah haluan sistem perbankan jadi lebih liberal.

BERITA VIDEO POPULER

BERITA TERKINI:

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020