Ratu Elizabeth Wafat, Inggris Sambut Raja Baru Setelah 70 Tahun

Internasional | 2022-09-09

© Disediakan oleh Jalurinfo.com Ratu Elizabeth II/Ratu Inggris.
JALURINFO.COM, LONDON- Raja terlama dalam sejarah Inggris, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) siang waktu setempat. Ia meninggal dunia pada usia nyaris satu abad yakni 96 tahun.

Tak lama sepeninggal Ratu Elizabeth, putra tertuanya Charles yang kini berusia 73 tahun langsung menjadi raja Inggris. Menurut protokol atau aturan yang sudah berabad-abad.

Baca juga: Update Terkini Perang Ukraina-Rusia

Baca juga: Zelensky Klaim Rusia Bisa Dikontrol Lewat Hukum Internasional

Raja Charles akan memulai babak baru sebagai penguasa Inggris setelah 70 tahun pemerintahan ibunda.
Menyitat laman CNN International, Charles kini bergelar Raja Charles III. Dalam sebuah pernyataan yang dirilis tak lama setelah pengumuman resmi kematian Elizabeth, Charles menggambarkan kematian ibu "tercintanya" sebagai "momen kesedihan terbesar".

Baca juga: Isi Pertemuan Putin dan MBS: Negara-Negara OPEC Diajak Pangkas Produksi Minyak

Baca juga: VIDEO: Tiba di Riyadh, Putin Disambut Hangat Putra Mahkota Arab Saudi, Negosiasi untuk Memperkuat Hubungan Bilateral

"Meninggalnya Ibunda tercinta, Yang Mulia Ratu, merupakan momen kesedihan terbesar bagi saya dan seluruh anggota keluarga saya," katanya dalam pernyataan resmi yang dimuat di akun Instagram The Royal Family, dikutip Jumat (9/9/2022).

"Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang Penguasa yang disayangi dan seorang Ibu yang sangat kami cintai. Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, alam dan persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia,"

Baca juga: VIDEO: Berkunjung ke Uni Emirat Arab dan Saudi Arabia, Penerbangan Putin Dikawal Empat Pesawat Tempur Canggih S-35S Rusia

Baca juga: Amerika Habiskan $77 Miliar, Serangan Balasan yang Gagal Membuat Negara-negara NATO Semakin Bimbang Bantu Ukraina


"Selama masa berkabung dan perubahan ini, saya dan keluarga saya akan sangat dihibur dan tertopang dengan rasa hormat dan kasih sayang yang Ratu pegang selama ini," tambahnya.

Dalam pengumuman itu, sang istri Raja Charles, Camilla berstatus permaisuri. Sementara sang anak tertua dan istrinya, Pangeran William dan Kate Middleton kini digelari Duke dan Duchess of Cornwall dan Cambridge.

Sampaikan Pidato Perdana

Setelah menjadi pemimpin baru Inggris, Raja Charles III dijadwalkan akan menyampaikan pidato di depan masyarakatnya pada Jumat (9/9/2022) hari ini. Pidato itu akan menjadi pidato pertamanya setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II.

Diwartakan Reuters, Jumat, Perdana Menteri Inggris yang baru Liz Truss diberi tahu mengenai kematian Ratu Elizabeth pada pukul 16.30 waktu setempat.

Ia diberi kabar akan berita duka itu oleh Sekretaris Kabinet Simon Case.

Liz Truss sendiri sudah berbicara dengan Raja Charles III. Ia diharapkan dapat memimpin pertemuan para menteri pada pukul 21.00 waktu setempat.

Ratu Elizabeth Wafat, Inggris Sambut Raja Baru Setelah 70 Tahun
Warga Inggris memenuhi kawasan Istana Buckingham saat perayaan 70 tahun tahta Ratu atau Queen Platinum Jubilee di London, Ingrris, Kamis (2/6/2022). [Paul ELLIS / POOL / AFP]

BERITA TERKAIT:

BERITA TERKINI:

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020