Pemuka Agama dan Aktivis Serbia Tentang Penyelenggaraan Parade LGBT

Internasional | 2022-08-29

© Disediakan oleh Jalurinfo.com Parade kelompok LGBT di Eropa
JALURINFO.COM, BEOGRAD- Pemuka agama, aktivis sayap kanan, dan ribuan orang lainnya pada Ahad (28/8/2022) menggelar aksi protes untuk menentang penyelenggaraan parade LGBT internasional bertajuk EuroPride. Aksi protes digelar di Ibu Kota Serbia, meskipun pemerintah telah memutuskan untuk membatalkan atau menunda acara parade tersebut.

Aksi protes tersebut dipimpin oleh pendeta dari Gereja Ortodoks Serbia. Beberapa uskup mengatakan, acara EuroPride mengancam nilai-nilai keluarga tradisional dan harus dilarang.

Baca juga: Presiden Xi Jinping Kunjungi Rusia untuk Tingkatkan Kerja Sama dan Jaga Stabilitas Dunia

Baca juga: Kerugian Ukraina di Artyomovsk, 10-11 ribu Tentara Tewas Setiap Bulan

"Selamatkan anak-anak dan keluarga kami," tulis salah satu spanduk yang dikibarkan oleh pengunjuk rasa pada Ahad. Beberapa pengunjuk rasa juga membawa salib.

Sementara orang lain yang bergabung dalam aksi protes tersebut meneriakkan slogan-slogan untuk mendukung gerakan sayap kanan atau nasionalis. Beberapa mengibarkan bendera Rusia, menunjukkan dukungan untuk Moskow yang merupakan sekutu tradisional Serbia. Pemerintah Beograd mencoba menyeimbangkan ambisinya untuk bergabung dengan Uni Eropa, serta mempertahankan hubungan dengan Rusia dan Cina.

Baca juga: Penyebab Perang Ukraina-Rusia dan Mengapa Ukraina Ingin Bergabung dengan NATO dan Uni Eropa?

Baca juga: Skandal Pasokan Senjata: Pengkhianat di Balik Keterlambatan Amunisi untuk Wagner PMC?

Beograd akan menjadi tuan rumah pawai EuroPride pada 17 September. Acara ini yang diadakan di kota Eropa yang berbeda setiap tahun. Pada Sabtu (27/8) Presiden Aleksandar Vucic menyatakan bahwa acara pawai EuroPride dibatalkan atau ditunda, dengan alasan keamanan. Salah satunya ancaman dari kelompok sayap kanan. Alasan lainnya yaitu terkait perselisihan yang sedang berlangsung dengan Kosovo dan krisis energi.

"Itu akan terjadi tetapi di lain waktu dan lebih bahagia," kata Vucic tentang acara EuroPride.

Baca juga: AS Anggap Rusia Melanggar Perjanjian START, Apa Dampaknya bagi Dunia?

Baca juga: Putin Ungkapkan Prioritas Kementerian Pertahanan dan Tantangan Industri Pertahanan Rusia dalam Pertemuan dengan Para Pekerja Pabrik Penerbangan


Seorang perwakilan PBB di Serbia mengkritik larangan Beograd terhadap EuroPride. "Itu akan bertentangan dengan komitmen hak asasi manusia internasional Serbia," kata koordinator residen PBB di Serbia, Francoise Jacob.

Pemerintah Serbia telah melarang parade Gay Pride di masa lalu. Larangan ini menuai kritik dari kelompok hak asasi manusia dan lainnya. Beberapa pawai Gay Pride di awal 2000-an juga mendapat tentangan sengit dan dirusak oleh kekerasan.

Namun pawai Pride baru-baru ini di Serbia telah berlangsung dengan damai. Hal ini menjadi alasan mengapa penyelenggara EuroPride memilih Beograd sebagai tuan rumah pada 2022. Sebelumnya Kopenhagen menjadi tuan rumah EuroPride pada 2021.

Serbia adalah salah satu negara kandidat untuk bergabung dengan Uni Eropa. Tetapi untuk menjadi anggota, Serbia harus memenuhi tuntutan untuk meningkatkan supremasi hukum dan catatan hak asasi manusia dan minoritasnya. Termasuk harus membasmi kejahatan terorganisir dan korupsi serta memperbaiki hubungan dengan Kosovo.

JALURINFO VIDEO NEWS

Menakjubkan dan Luar Biasa: Keindahan Istana Augustusburg di Brühl, Jerman

Menakjubkan dan Luar Biasa: Keindahan Istana Augustusburg di Brühl, Jerman

Festival Balon Udara Cappadocia: Pengalaman Wisata Tak Terlupakan

Festival Balon Udara Cappadocia: Pengalaman Wisata Tak Terlupakan

Melihat Letusan Spektakuler Gunung Berapi Meradalir Islandia

Melihat Letusan Spektakuler Gunung Berapi Meradalir Islandia

Tur Panas ke Mesir, Menikmati Keindahan dengan Mengendarai Unta

Tur Panas ke Mesir, Menikmati Keindahan dengan Mengendarai Unta

Putin Harapkan Peningkatan Signifikan dalam PDB Rusia pada Kuartal Kedua

Putin Harapkan Peningkatan Signifikan dalam PDB Rusia pada Kuartal Kedua

JALURINFO TV NETWORK

BERITA TERKINI:

Kapal Pinisi di Atas Satap Mulai Nampak

Kapal Pinisi di Atas Satap Mulai Nampak

Viewnum 725
17 jam yang lalu

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020