Peluang Golkar Gabung ke Koalisi Perubahan dan Wacana Koalisi Besar yang Disebut Airlangga

Nasional | 2023-03-28

© Disediakan oleh Jalurinfo.com
JALURINFO.COM, JAKARTA- Politikus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, menilai Partai Golkar kecil kemungkinannya bergabung dengan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Hal itu disampaikannya setelah para elite dari anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan KPP bertemu pada akhir pekan lalu.

Pada Sabtu (25/3/2023), Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menghadiri acara buka puasa bersama di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, yang digelar oleh DPP Partai Nasdem. Dalam acara tersebut, hadir juga Wakil Ketua Umum PPP Rusli Effendi, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Habib Habib Aboe Bakar Al Habsyi.

Baca juga: Terbaru Terjawab Sudah Siapa Cawapres Anies Baswedan di Pilpres 2024? Begini Pernyataan Yenny Wahid

Baca juga: PKB: Kalau PAN dan Golkar Tak Akan Menangkan Prabowo di Pilpres 2024

Menurut Adi, Airlangga sedang berupaya membesarkan KIB dan berusaha menjadi calon presiden (capres), sehingga sulit untuk membayangkan apabila Golkar bergabung dengan KPP. Namun, ia menilai tidak tertutup kemungkinan bagi Partai Golkar bergabung dengan KPP di masa depan menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
Namun, Arfianto Purbolaksono dari The Indonesian Institute menilai kehadiran Airlangga dalam acara buka puasa bersama dengan pimpinan KPP bukan agenda silaturahmi biasa. Menurutnya, kedua koalisi sedang mencari solusi terkait kandidat calon wakil presiden (cawapres) di antara kedua koalisi tersebut.

Baca juga: Polisi Mulai Proses Pernyataan Rocky Gerung yang Diduga Menghina Presiden Jokowi

Baca juga: Hasil Survei Terbaru: Target PDIP Mencetak Hattrick Terancam Gagal

Arfianto mengatakan bahwa kesempatan bagi partai politik untuk berkoalisi atau membuat koalisi besar masih terbuka lebar. Dia juga menilai kehadiran Airlangga Hartarto dalam acara buka puasa bersama di kantor DPP Partai Nasdem tersebut merupakan cerminan dari pertemuan politik yang dinamis jelang pendaftaran nama capres-cawapres.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan dalam proses pembentukan koalisi. Misalnya, selain mempertimbangkan faktor elektabilitas, partai politik juga harus mempertimbangkan visi, misi, dan program kerja yang akan diterapkan jika nanti mereka berhasil terpilih.

Baca juga: Respons Anies Baswedan Soal Nasdem Minta Bacawapres Jangan dari Pimpinan Parpol

Baca juga: Anies Terseok di Survei, JK Bandingkan dengan Kemenangan Trump


Tidak hanya itu, faktor kepentingan partai politik juga menjadi pertimbangan penting dalam proses pembentukan koalisi. Setiap partai politik memiliki kepentingan masing-masing yang perlu dipertimbangkan, sehingga bukan hal yang mudah untuk menyatukan kepentingan-kepentingan tersebut dalam satu koalisi.

Namun, di tengah dinamika politik yang sedang berlangsung, terbuka peluang bagi semua partai politik untuk saling berkolaborasi dan membentuk koalisi yang kuat. Sehingga, diharapkan proses pembentukan koalisi tidak hanya berdasarkan kepentingan semata, tetapi juga berdasarkan keinginan untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia.

Sumber: Republika.co.id

TOPIK TERKAIT:

JALURINFO VIDEO NEWS

Petualangan Luar Biasa di Keajaiban Alam Tertinggi: Angel Falls, Venezuela

Petualangan Luar Biasa di Keajaiban Alam Tertinggi: Angel Falls, Venezuela

Pesona Sejarah dan Keindahan Alam: Liburan Santai di Sirmione, Resor Terkenal di Danau Garda

Pesona Sejarah dan Keindahan Alam: Liburan Santai di Sirmione, Resor Terkenal di Danau Garda

Masjid Al Sahaba: Perpaduan Keindahan Modern di Pusat Sejarah Sharm el-Sheikh

Masjid Al Sahaba: Perpaduan Keindahan Modern di Pusat Sejarah Sharm el-Sheikh

Three Gorges, Keajaiban Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar di Dunia

Three Gorges, Keajaiban Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar di Dunia

Keunikan Beruang Kutub di Arktik, Pesona di Atas Es Tipis

Keunikan Beruang Kutub di Arktik, Pesona di Atas Es Tipis

JALURINFO TV NETWORK

BERITA TERKINI:

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020