HUT OTODA Ke XXVII Digelar Pemda Enrekang Mendapat Apresiasi Positif ASN

Berita Sul-Sel | 2023-04-29

© Disediakan oleh Jalurinfo.com HUT OTODA Ke XXVII Digelar Pemda Enrekang Mendapat Apresiasi Positif ASN
JALURINFO.COM, ENREKANG- Semangat para pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kabupaten Enrekang antusias berseragam korpri untuk mengikuti upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXVII.

Upacara peringatan Otoda tahun 2023 ini, dipimpin oleh Wabup Asman,, Sabtu (29/4/2023) pagi di Halaman Kantor Bupati Pinang, Enrekang (Sulsel)

Baca juga: Danny Pomanto Paparkan Strategi Makassar yang Berketahanan Iklim dan Berkelanjutan di Hadapan 300 Perwakilan Kota Dunia

Baca juga: Dampingi PJ Gub Sulsel, Fatmawati Rusdi Tinjau Harga Komoditas Pangan di Dua Pasar Tradisional

HUT OTODA Ke XXVII Digelar Pemda Enrekang Mendapat Apresiasi Positif ASN

Saat membacakan sambutan seragam Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wabup Asman mengatakan, Esensi filosofis dari Otonomi Daerah adalah desentralisasi kewenangan agar daerah mencapai kemandirian fiskal.
Salah satunya yaitu dengan menggali potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Baca juga: Isu Dukungan Pada Bupati MB Siap Bertarung Menuju Senayan Makin Gencar

Baca juga: Wali Kota Danny Pomanto Presentasikan Pakinta dan Jampangi dalam Innovative Government Award Kemendagri 2023

“Otonomi daerah telah memasuki 27 tahun berlalu telah berdampak positif, dibuktikan adanya percepatan pembangunan,terjadi peningkatan angka indeks pembangunan manusia (IPM), bertambahnya pendapatan asli daerah (PAD) dan kemampuan fiskal daerah,"Kata Wabup Asman,SE (29/4)

Disampaikan Wabup Asman dari sambutan Mendagri, setelah lahirnya UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang pemerintahan daerah ditetapkan 7 Mei 1999 yang membenahi hubungan pusat dan daerah.

Baca juga: Asisten Pemerintahan dan Kesra Hadiri Sertijab Camat Wotu

Baca juga: Ada Apa di Polsek Bontomarannu, 2 kali Tolak Adum, Setelah Diterima Di-A2-kan


"Dari terbitnya undang undang tersebut daerah memiliki kewenangan dalam seluruh bidang Pemerintahan, kecuali politik luar negeri,pertahanan, dan keamanan, peradilan, moneter dan fiskal, agama serta kewenangan bidang lain,"paparnya.

Namun tambahnya, tak bisa dipungkiri data juga menunjukan bahwa filosofi dari tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil diharapkan.

Pada HUT OTODA ke 27 hadir ketua DPRD Muh.Idris Sadik, Kajari Enrekang Slamet Haryanto, Kapolres Enrekang AKBP. Dedi Surya Dharma, SH.SIK. MM, kepala OPD Kabag pemerintahan (Setda) Muh.Aris Yasin, MAP dan para Kabag lainnya.

Lebih jauh Kata Asman, berdasar data Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri selama kurun waktu tersebut,terdapat beberapa daerah memiliki PAD kurang dari 20 persen dan menggantungkan keuangannya pada pemerintah pusat melalui transfer ke daerah dan dana desa (TKDD).

“olehnya itu pada kesempatan yang baik ini, izinkan saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya,”kata Asman,SE

Lanjut Asman, adanya peningkatan ditujukan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka IPM, penurunan angka kemiskinan, peningkatan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik dan lain-lain.

Tema peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII tahun 2023 ini adalah “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.

Wabup Asman menjelaskan, peringatan Hari Otonomi Daerah adalah momen untuk terus menggali potensi sumber daya daerah guna mendorong percepatan dan pemerataan pembangunan, sebagai salah satu tujuan dari otonomi daerah yaitu kesejahteraan masyarakat.

“Ini adalah momentum bagi para ASN terus bekerja keras meningkatkan pelayanan pada masyarakat serta mengedepankan nilai dasar ASN berAkhlak. ASN lebih berperan aktif dan proaktif mengembangkan semua potensi yang ada agar kesejahteraan masyarakat meningkat",ucapnya.

Kesempatan sama,dalam rangka pemulihan ekonomi Nasional mengajak segenap masyarakat untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI terkait pengendalian inflasi tahun 2023 (TPID), sukseskan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

"Program P3DN merupakan upaya pemerintah mendorong masyarakat lebih menggunakan produk dalam negeri dalam rangka pemulihan ekonomi Nasional termasuk upaya penanganan stunting komprehensif, berkelanjutan, menjangkau seluruh wilayah dan tepat sasaran,"himbau Wabup Asman,SE.(mas)

TOPIK TERKAIT:

JALURINFO VIDEO NEWS

Petualangan Luar Biasa di Keajaiban Alam Tertinggi: Angel Falls, Venezuela

Petualangan Luar Biasa di Keajaiban Alam Tertinggi: Angel Falls, Venezuela

Pesona Sejarah dan Keindahan Alam: Liburan Santai di Sirmione, Resor Terkenal di Danau Garda

Pesona Sejarah dan Keindahan Alam: Liburan Santai di Sirmione, Resor Terkenal di Danau Garda

Masjid Al Sahaba: Perpaduan Keindahan Modern di Pusat Sejarah Sharm el-Sheikh

Masjid Al Sahaba: Perpaduan Keindahan Modern di Pusat Sejarah Sharm el-Sheikh

Three Gorges, Keajaiban Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar di Dunia

Three Gorges, Keajaiban Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar di Dunia

Keunikan Beruang Kutub di Arktik, Pesona di Atas Es Tipis

Keunikan Beruang Kutub di Arktik, Pesona di Atas Es Tipis

JALURINFO TV NETWORK

BERITA TERKINI:

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020