Hidup Tenang di Masa Pensiun dengan Menghindari 6 Kesalahan Keuangan Ini

Lifestyle | 2022-03-24

© Disediakan oleh Jalurinfo.com
JALURINFO.COM, Maros- Berbagai keputusan dapat berpengaruh untuk masa pensiun. Menurut Federal Reserve, 44 persen orang yang belum pensiun percaya tidak berada di jalur yang tepat untuk pensiun. Satu dari empat orang yang belum pensiun mengatakan tidak memiliki tabungan pensiun sama sekali.

Kemudian, ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan oleh para penabung. Mengetahui beberapa kesalahan secara dini dapat membantu untuk jangka panjang. Dilansir dari Business Insider, berikut beberapa kesalahan yang terjadi pada tabungan pensiun.

Baca juga: Hotel Premier Menggerakan UMKM Dalam Bentuk Even "Night Market Festival"

Baca juga: The Rinra Makassar Gelar Dream Wedding Exhibition 2024

Tidak menyeimbangkan kembali portofolio
Menyeimbangkan kembali portofolio dapat membantu memastikannya terdiversifikasi dan berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan. Anda harus menyeimbangkan ulang secara berkala, seperti setahun sekali, dan melakukan penyesuaian sesuai rencana.

Baca juga: Capai Kesepakatan Penting Terkait Pusat Data, Indosat Ooredoo Hutchison dan BDx Indonesia Akselerasi Masa Depan Digital Indonesia

Baca juga: Indosat Ooredoo Hutchison, XL Axiata, Axiata Digital Labs, dan AWS Kolaborasi Memperkenalkan SinergiAPI Portal di Indonesia

Memilih strategi investasi sendiri

Beberapa penabung menangani sendiri strategi investasi pensiun. Kemudian, Anda bisa saja berinvestasi secara tidak rasional dan perilaku yang bias dapat menghalangi rencana pensiun.

Baca juga: Dorong Pemerataan Literasi Digital, Indosat Ooredoo Hutchison Gali Potensi Developer Difabel Lewat IDCamp Virtual Bootcamp for Disabilities

Baca juga: Raih Penghargaan di Telecom Review Excellence Awards 2023, Indosat Ooredoo Hutchison Jadi Operator Indonesia Pertama Menangkan Best Asian Operator


Terlalu sering berganti pekerjaan

Jika berganti pekerjaan berkali-kali selama bertahun-tahun, maka dapat berarti Anda meninggalkan potensi tabungan pensiun.

Lupa diversifikasi pajak

Pajak mempengaruhi berapa banyak uang yang didapatkan untuk disimpan di masa pensiun dan diversifikasi pajak adalah strategi untuk membantu uang bertahan di masa pensiun.

Tidak mempertimbangkan semua biaya pensiun

Kita semua ingin tetap sehat selama sisa hidup. Tetapi, kenyataannya Anda mungkin menghadapi biaya terkait perawatan kesehatan atau bahkan membutuhkan perawatan jangka panjang.

Anda tidak cukup menabung

Menabung untuk masa pensiun membutuhkan waktu bertahun-tahun. Untuk itu, Anda perlu memulai dari sekarang dan menyisihkan waktu, seperti menyisihkan uang dan membuat rencana.

BERITA TERKAIT:

BERITA TERKINI:

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020