Gempur Stunting, Parade Motor Distribusi Paket Gizi ke Rumah-rumah Warga

Berita Sul-Sel | 2022-12-28

© Disediakan oleh Jalurinfo.com
JALURINFO.COM, BULUKUMBA- Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf melaunching 'Gempur Stunting' atau Gerakan Masyarakat untuk Penanganan Urusan Stunting di halaman Kantor Camat Gantarang, Selasa, 27 Desember 2022. Usai launching, ada aksi parade motor mendistribusikan paket gizi ke lokasi sasaran.

Launching ini, dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Bulukumba.

Baca juga: Ini Penyebab Banyaknya Material Kayu yang Terbawa Luapan Sungai Malili

Baca juga: 30 Guru Penggerak di Lutim Ikuti Bimtek Standarisasi Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah

Gempur Stunting, Parade Motor Distribusi Paket Gizi ke Rumah-rumah Warga

Kadis DP2KBP3A dr Wahyuni mengatakan bahwa parade motor merupakan aksi kolaborasi yang terdiri dari personel TNI, penyuluh KB, serta beberapa mahasiswa.
Gempur Stunting, Parade Motor Distribusi Paket Gizi ke Rumah-rumah Warga

"Aksi parade motor ke rumah sasaran dalam mendistribusikan paket gizi yang bersumber dari bapak asuh dan bunda asuh stunting," katanya.

Baca juga: Sufriaty Budiman Serahkan Makanan Tambahan Bagi Balita dan Ibu Hamil di Dua Kecamatan

Baca juga: Bupati Andi Utta Harap Adaptasi Perubahan Iklim Tak Sekedar Formalitas

Wahyuni menjelaskan, sebenarnya mengantarkan paket gizi ke rumah sasaran sudah berjalan selama ini. Hanya saja, baru hari ini dilaksanakan aksi kolaborasi secara bersama-sama dalam bentuk parade motor.

"Paket gizi ini kan, harus didistribusikan ke rumah-rumah. Kemudian, nanti ada pembagian jamban," jelasnya.

Baca juga: PLN Bagi Bantuan di Kahayya Bulukumba: Bedah Rumah hingga Modal Usaha

Baca juga: Kapolres Bulukumba Kunjungi PPK Gantarang, Pastikan Situasi Kondusif.


Ia menguraikan bahwa gempur stunting merupakan aksi penanganan stunting dan puncak dari tahapan-tahapan program percepatan penurunan stunting, baik melalui 8 aksi konvergensi di bawah koordinasi Bappelitbangda, Dinkes dan PMD maupun tahapan melalui Rencana Aksi Nasional (RAN PASTI) yang dikoordinir oleh BKKBN melalui DP2KBP3A.

"Aksi gempur stunting ini juga merupakan aksi dari hasil kegiatan audit kasus stunting, di mana kegiatan ini adalah kegiatan mencari penyebab terjadinya kasus stunting sebagai upaya pencegahan terjadinya kasus serupa," jelas Wahyuni.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi aksi gempur stunting tersebut. Hanya saja, Andi Utta sapaannya meminta agar program itu betul-betul berefek dan tepat sasaran.

"Ini inovasi yang sangat bagus. Tapi tolong dikerja bukan dicerita. Harus jelas indikatornya, seperti apa jalannya untuk meminimalkan stunting," katanya.

Usai melaunching gempur stunting, Bupati Muchtar Ali Yusuf meninjau salah satu Posyandu di Kelurahan Matekko, Kecamatan Gantarang. Ia memotivasi warga untuk sama-sama berkolaborasi demi Bulukumba maju dan sejahtera.

"Kasus stunting harus dikerja bersama," kata Andi Utta di hadapan puluhan ibu-ibu.

Terakhir, Bupati meresmikan program DAK Sanitasi Septic Tank Individual. Bantuan itu, sebanyak, 50 unit di Kecamatan Gantarang.

"Daerah pesisir harus sehat. Jaga kebersihan, lingkungan dan pantai. Bulukumba destinasi wisata. Tolong kita jaga, jangan buang air di sembarang tempat," pinta Andi Utta.

Sekadar diketahui, launching gempur stunting juga dihadiri oleh Wabup Andi Edy Manaf sekaligus sebagai Ketua Tim Kabupaten Percepatan Penurunan Stunting. Hadir pula beberapa Kepala OPD, Camat, hingga Kepala Desa.

Di sela-sela launching, Bupati menyerahkan secara simbolis paket sembako, bibit unggul berupa sukun dan mangga. Kemudian penyerahan paket gizi kepada keluarga beresiko stunting, penyerahan bibit sayur, beras, kado pernikahan kepada pasangan calon pengantin, kartu identitas anak dan lainnya.(*)

Gempur Stunting, Parade Motor Distribusi Paket Gizi ke Rumah-rumah Warga

BERITA TERKAIT:

BERITA TERKINI:

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020