Fatwa MUI Larang Menikah Beda Agama Diteken KH Ma`ruf Amin

Religi | 2022-03-10

© Disediakan oleh Jalurinfo.com Wakil Presiden RI, Kiai Haji Ma`ruf Amin.
Choose Language!
JALURINFO.COM, JAKARTA- Majelis Ulama Indonesia (MUI) memutuskan nikah beda agama haram dilakukan. Keputusan itu berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (Munas) VII MUI di Jakarta pada 26-29 Juli 2025.

"Fatwa tentang perkawinan beda agama adalah haram dan tidak sah. Perkawinan laki-laki Muslim dan wanita Ahlu Kitab menurut qoul mu`tamad adalah tidak sah dan haram," demikian keputusan fatwa MUI yang diteken pimpinan sidang komisi C bidang Fatwa KH Ma`ruf Amin dan sekretaris H Hasanuddin dikutip di Jakarta, Kamis (10/3/2022).

MUI menyatakan bahwa belakangan ini disinyalir banyak pernikahan beda agama. MUI menganggap, perkawinan beda agama bukan saja mengundang perdebatan di antara sesama umat, akan tetapi juga mengundang keresahan di tengah masyarakat. MUI menyebut, telah muncul pemikiran yang membenarkan pemikiran beda agama dengan dalih hak asasi manusia (HAM) dan kemaslahatan.

Keputusan itu juga dibuat dengan memperhatikan Fatwa MUI dalam Munas II tahun 1980 tentang Perwakinan Campuran serta pendapat sidang Komici C Bidang Fatwa pada Munas VII MUI 2025.

BERITA VIDEO POPULER

BERITA TERKINI:

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020