Jalurinfo.com, media siber nasional terverifikasi Dewan Pers dengan No. Reg: 827/DP-Verifikasi/K/XI/2021

Berbeda dengan Muhammadiyah, Begini Prediksi 1 Ramadan Versi BRIN

Religi | 2022-03-27

© Disediakan oleh Jalurinfo.com
Choose Language!
JALURINFO.COM, JAKARTA- Muhammadiyah telah mengumumkan 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada 2 April 2022. Keputusan tersebut didasarkan pada penentuan awal Ramadhan dengan kriteria wujudul hilal. Sementara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memprediksi awal Ramadan tahun ini jatuh pada 3 April 2022.

Dikutip dari laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Profesor Riset Bidang Astronomi dan Astrofisika Pusat Riset Antariksa BRIN, Thomas Djamaluddin, mengatakan ketinggian hilal pada 1 April hanya sedikit di atas 2 derajat. Dengan begitu, dia menyimpulkan hilal tidak mungkin terlihat di wilayah Indonesia pada 1 April mendatang.

Tahun ini Kementerian Agama Republik Indonesia telah menggunakan kriteria MABIMS atau Menteri-menteri Agama Brunai Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura. Berdasarkan kriteria ini, hilal ditentukan dengan ketinggian bulan minimal 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat. “Kementerian Agama mengadopsi kriteria baru MABIMS,” kata Thomas, Senin, 21 Maret 2022.

Sementara penetapan 1 Ramadan versi Muhammadiyah, menurut Thomas, didasarkan pada pertimbangan hilal sudah berada di atas ufuk pada 1 April. Thomas menegaskan, wilayah Indonesia umumnya menetapkan tinggi hilal kurang dari dua derajat. Artinya, rukyatul hilal (pengamatan hilal) pada saat Magrib 1 April berpotensi tidak terlihat.

BERITA VIDEO POPULER

BERITA TERKINI:

Mulai 1 Juli, Tarif Listrik Alami Kenaikan

Mulai 1 Juli, Tarif Listrik Alami Kenaikan

Viewnum 243
3 jam yang lalu

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020