Apa itu Reformasi Peradilan yang Sebabkan Rusuh Massal di Israel?

Internasional | 2023-03-30

© Disediakan oleh Jalurinfo.com
JALURINFO.COM, JERUSSALEM- Ratusan ribu orang telah turun ke jalan-jalan di Israel dalam sebuah demonstrasi besar-besaran menentang rencana reformasi keadilan yang diusulkan oleh pemerintah. Demonstrasi ini dipicu oleh ketidakpuasan masyarakat atas rencana pemerintah untuk mengubah sistem peradilan, yang menurut mereka akan melemahkan independensi dan integritas pengadilan.

Menurut Saluran Israel 12, antara 600.000 hingga 700.000 orang turut serta dalam aksi protes ini di berbagai kota di seluruh Israel. Massa pengunjuk rasa berkumpul di jalan-jalan dengan membawa spanduk dan poster, menyerukan kepada pemerintah untuk menghentikan rencana reformasi keadilan yang dianggap merugikan masyarakat.

Baca juga: Update Terkini Perang Ukraina-Rusia

Baca juga: Zelensky Klaim Rusia Bisa Dikontrol Lewat Hukum Internasional

Pengunjuk rasa juga mengecam Perdana Menteri Benjamin Netanyahu atas kebijakan yang mereka anggap tidak memihak kepada rakyat dan merusak demokrasi. Di Yerusalem, beberapa pengunjuk rasa mencoba menerobos ke kediaman Perdana Menteri dan membangun barikade.
Demonstrasi ini disambut dengan dukungan dari berbagai kalangan, termasuk para pejabat setempat yang mengambil tindakan mogok makan untuk memprotes rencana reformasi keadilan. Sejumlah tokoh politik dan pemimpin masyarakat juga telah bergabung dalam aksi protes ini, termasuk mantan Perdana Menteri Israel Bennet.

Baca juga: Isi Pertemuan Putin dan MBS: Negara-Negara OPEC Diajak Pangkas Produksi Minyak

Baca juga: VIDEO: Tiba di Riyadh, Putin Disambut Hangat Putra Mahkota Arab Saudi, Negosiasi untuk Memperkuat Hubungan Bilateral

Meskipun diwarnai dengan beberapa insiden kekerasan, demonstrasi ini berjalan dengan damai secara keseluruhan. Keamanan telah ditingkatkan di seluruh negara untuk mengantisipasi kemungkinan kerusuhan lebih lanjut.

Pemerintah Israel telah memberikan tanggapan terhadap demonstrasi ini, menegaskan bahwa reformasi keadilan merupakan upaya untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi sistem peradilan. Namun, pihak berwenang juga menjanjikan untuk terus mendengarkan aspirasi masyarakat dan mempertimbangkan masukan mereka dalam proses reformasi ini.

Baca juga: VIDEO: Berkunjung ke Uni Emirat Arab dan Saudi Arabia, Penerbangan Putin Dikawal Empat Pesawat Tempur Canggih S-35S Rusia

Baca juga: Amerika Habiskan $77 Miliar, Serangan Balasan yang Gagal Membuat Negara-negara NATO Semakin Bimbang Bantu Ukraina


BERITA TERKAIT:

BERITA TERKINI:

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020