Jalurinfo.com, media siber nasional terverifikasi Dewan Pers dengan No. Reg: 827/DP-Verifikasi/K/XI/2021

Amerika Soroti Banyaknya Kekerasan Jurnalis di Indonesia

Hukum & Kriminal | 2022-04-16

© Disediakan oleh Jalurinfo.com
Choose Language!
JALURINFO.COM, JAKARTA- Kedutaan dan Konsulat Amerika Serikat (AS) di Indonesia menyoroti sejumlah temuan kekerasan yang diterima sejumlah jurnalis di Indonesia oleh berbagai pihak, dari pejabat hingga warga sipil.

Dalam sebuah laporan tentang praktik Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2021, AS mencatut aduan kekerasan jurnalis yang terjadi selama periode Januari hingga Agustus 2021.

“Aliansi Jurnalis Independen (AJI) melaporkan 24 kasus kekerasan terhadap jurnalis yang meliputi doxing, penyerangan fisik, dan intimidasi dan ancaman verbal yang dilakukan oleh berbagai aktor, termasuk pejabat pemerintah, polisi dan aparat keamanan, anggota massa organisasi, dan masyarakat umum,” tulis laporan HAM AS yang dikutip dari situs Kedubes AS di Indonesia, Jumat (15/4).

Laporan itu kemudian membeberkan laporan kekerasan yang diterima jurnalis. Salah satunya kasus kekerasan selanjutnya dilaporkan terjadi pada 27 Maret 2021 di Surabaya, Jawa Timur. Petugas kepolisian dilaporkan telah menyerang seorang Jurnalis majalah Tempo, Nurhadi.

BERITA VIDEO POPULER

BERITA TERKINI:

Mulai 1 Juli, Tarif Listrik Alami Kenaikan

Mulai 1 Juli, Tarif Listrik Alami Kenaikan

Viewnum 243
3 jam yang lalu

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020