6 Amalan di 10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah

Religi | 2022-06-02

© Disediakan oleh Jalurinfo.com 10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah
JALURINFO.COM, Maros- Tahukah kalian bahwa 10 hari pertama Dzulhijjah memiliki banyak keutamaan? Sehingga amalan 10 hari pertama Dzulhijjah perlu ditingkatkan.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas bahwa Nabi SAW berkata, "Tidak ada perbuatan baik yang dilakukan pada hari-hari lain yang lebih unggul daripada yang dilakukan pada hari-hari ini (sepuluh hari pertama Dzulhijjah)." Kemudian beberapa sahabat Nabi bertanya, "Bahkan Jihad pun tidak?"

Baca juga: Hasil Donasi Palestina 727 Juta Dari Warga Enrekang Dan Pemuda HIKMA Diserahkan Ke BAZNAS RI

Baca juga: Prestasi Pj. Bupati Enrekang Dr.Baba Raih 3 Awards Nasional Dari BAZNAS

Nabi menjawab, "Bahkan Jihad pun tidak, kecuali orang yang melakukannya dengan menempatkan dirinya dan harta bendanya dalam bahaya (demi Allah)." Jika Anda ingin tahu lebih banyak amalan 10 hari pertama Dzulhijjah, silahkan baca artikel ini sampai habis.
Amalan 10 hari pertama Dzulhijjah yang dapat Anda amalkan secara pribadi antara lain:

Baca juga: Cerita Tersisa dari MTQ International di Rusia

Baca juga: Keutamaan Surah Al-Fatihah

1. Seseorang harus memberikan amal ekstra Sadaqah dalam 9 hari ini

Disarankan untuk memperbanyak sadaqah pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Amalan sadaqah pada 10 hari pertama Dzulhijjah bernilai lebih besar daripada amalan hari-hari lain. Di samping itu, secara harfiah, beramal sadaqah kepada sesama tetap akan memberikan banyak manfaat kepada sekitar.

Baca juga: Nama Al-Fatihah dan Maknanya

Baca juga: Terpecahnya Yahudi dan Nasrani Sikapi Kepercayaan Nabi Isa adalah Tuhan


Orang-orang yang berkekurangan akan terbantu dan merasakan kebahagiaan karena mendapatkan bantuan dari orang di sekelilingnya. Sehingga mereka tidak merasa ditinggalkan.

2. Melaksanakan salat malam

Disarankan untuk mengamalkan shalat malam lebih banyak daripada hari-hari biasa. Shalat malam akan meningkatkan kesadaran kita atas kehadiran Allah SWT. Ketenangan batin sangat penting untuk menjaga kita tetap stabil dan membuat keputusan-keputusan yang bermanfat, tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga lingkungan sekitar.

3. Habiskan waktu di Masjid

Disarankan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di masjid daripada di luar. Maksudnya di sini adalah melaksanakan kegiatan yang dapat menolong umat Islam dalam beribadah, misalnya membersihkan karpet, membersihkan rukuh yang digunakan untuk jamaah pelancong, dan lain sebagainya.

4. Mengaji, menambah hafalan Al Quran

Mengaji dan menambah hafalan Al Quran atau membaca Al Quran menjadi amalan yang disarankan untuk dilaksanakan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Pikiran akan menjadi semakin jernih dan dengan kejernihan pikiran itu, Anda akan lebih mudah mengatasi masalah, mengerjakan tugas, dan lebih banyak lagi manfaat lainnya.

5. Dzikir

Bacaan dzikir yang disarankan untuk diamalkan dalam 10 hari pertama Dzulhijjah dengan lebih sering adalah sebagai berikut:

La ilaha illallah wahdahu la syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir

Artinya : “Tidak ada Tuhan selain Allah SWT dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dia memiliki kekuasaan dan berhak atas setiap pujian. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

6. Puasa sembilan hari pertama

Disarankan untuk melaksanakan puasa pada sembilan hari pertama Dzulhijjah. Puasa akan memberikan kebaikan kepada tubuh, seperti memberi jeda pada tubuh dari mengolah makanan.

Di samping itu, puasa Dzulhijjah dapat melatih sisi mental dan emosional menjadi lebih dewasa, sebab dalam puasa kita diajari untuk dapat mengontrol diri.

Demikian itu informasi yang dapat dibagikan mengenai amalan 10 hari pertama Dzulhijjah. Semoga bermanfaat untuk Anda.

BERITA TERKAIT:

BERITA TERKINI:

TERPOPULER HARI INI

KOLEKSI VIDEO POPULER

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

Copyright 2020